Senin, 10 April 2017

[ Global Internet Based Business ] Bisnis Berbasis Internet global




Globalisasi merupakan satu kata yang paling banyak dibicarakan masyarakat selama dekade terakhir. Globalisasi sendiri pada dasarnya sudah mulai disadari oleh Plato dan Socrates sejak zaman Yunani Kuno. Hingga sekarang ini, makna globalisasi semakin terasa dan memberikan kesadaran pada masyarakat bahwasanya bumi kita tercinta sudah menjadi sebuah kampung yang global.
Sekarang ini dunia lebih kepada tempat manusia saling bersua, berbagi pikiran, berbagi pesan, berhubungan dengan cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama. Sudah bukan zamannya lagi berkirim kabar dengan menyita waktu, bukan zamannya lagi mencari informasi dengan menghabiskan jutaan uang. Sekarang semuanya serta praktis dan ringan. Kutub-kutub yang memisahkan jarak dan waktu seolah sudah sedemikian dekat hingga kesenjangan atau disparitas dan dulunya melebar kini menjadi kian menyempit.
Globalisasi pada bidang ekonomi menjadi contoh bagaimana kekuatan global mampu memberikan dampak bagi kehidupan. Rosabeth Mass Konter, menuliskan globalisasi ekonomi ke dalam empat bagian yakni mobilitas, keserentakan, pencarian jalan bebas hambatan dan pluralisme.
Sekarang ini memang sudah banyak sekali contoh gaya hidup yang menggunakan basis teknologi yang pada akhirnya mampu mengubah cara berfikir seseorang. Dengan cara berfikir yang berubah, tindakan atau budaya pun bisa berubah secara perlahan. E-banking, E-commerce, E-business dan term lain merupakan sekelumit contoh yang merefleksikan hadirnya new economy. Contoh tersebut merupakan gambaran kecil akan aktifitas bisnis berbasis internet yang terjadi di era modern. Salah satu contoh lain yang juga mulai marak adalah hadirnya para pebisnis anyar yang terjun dalam bisnis berbasis internet. Mereka memilih untuk melakukan bisnis berbasis internet ini karena perkembangan zaman yang sudah maju dan fenomena ini pun juga sangat marak di pasaran. Segala sesuatu sekarang bisa dilakukan secara online, bahkan kita tidak perlu menunggu lama jika hanya sekedar membeli produk atau barang yang kita inginkan.

Kemajuan teknologi sekarang ini memang mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi kita. Namun kita juga tidak boleh lupa akan budaya asli kita. Jangan samapi kita mudah terpengaruh pada budaya asing yang tidak baik bagi diri, bangsa dan negara. Oleh karena itu di era globalisasi ini kita juga harus pandai memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kemajuan hidup di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar